Benteng Pendem Cilacap sebagai objek wisata sejarah peninggalan Belanda

     Kustbatterij op de landtong te Cilacap atau Benteng Pendem Cilacap yang di bangun tahun 1816 - 1879, atau 18 tahun kurun waktu pembangunannya. Benteng Pendem Cilacap menempati area seluas 6,5 hektar.
     Secara geografis Cilacap terletak di bagian wilayah selatan Provinsi Jawa Tengah atau tepatnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dan benteng tersebut kebetulan berada di kawasan pantai selatan Cilacap atau berada di kawasan Pantai Teluk Penyu yang menghadap Samudra Hindia. 
     Benteng ini dahulu sebagai markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, untuk menahan serangan musuh terutama yang datang dari arah laut selatan pulau Jawa. Untuk pertahanan ini Benteng Pendem di dukung oleh benteng benteng yang ada di sekitarnya seperti Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan  Benteng Cepiring yang berada di Pulau Nusa Kambangan.

     Struktur bangunan Benteng Pendem terdiri dari beberapabagian ruangan, dan mempunyai fungsinya masing-masing. Beberapa ruangan yang terindentifikasi adalah seperti ruang barak tentara, ruang tahanan, ruang rapat, ruang pengintai, ruang dapur, ruang perwira, ruang pengeboman, ruang amunisi dan ruang tentara.

     Benteng Pendem Cilacap sebagai objek wisata sejarah peninggalan Belanda sangat menarik untuk dikunjungi, selain kita lebih mengenal bangunan bangunan bersejarah, kita juga bisa menikmati alam sekitarnya yang asri, apalagi Benteng Pendem ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan tepat didepannya terdapat Pantai Teluk Penyu. Kita pun bisa menikmati pantai dengan memandang lepas ke arah Samudera Hindia atau pun bisa menyebrang ke Pulau Nusa Kambangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping Cara Belajar yang Mengasyikkan

Iklim yang Terdapat di Benua-Benua di Dunia

Karakteristik Benua-Benua di Dunia