Flora dan Fauna yang ada di Bumi

                                                 

1. Flora dan Fauna di Benua Asia
           Kehidupan flora dan fauna di Benua Asia sangat dipengaruhi oleh iklim, sehingga jenis jenis  flora dan faunanya juga cukup beragam.
  1.      Asia Timur
               Di wilayah Asia Timur terdapat beragam flora, jenis tumbuhan antara lain pohon ek, pohon palem, bambu, dan magnolia. Fauna di wilayah ini antara lain panda.
  2.      Asia Utara
               Di wilayah Asia Utara terdapat tumbuhan yang hidup di wilayah tundra (padang rumput di daerah bersalju), seperti lumut dan rumput. Fauna di wilayah ini antara lain moose (sejenis rusa besar), beruang es dan serigala abu abu.
  3.      Asia Selatan dan Asia Tenggara
               Di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara banyak terdapat hutan hujan tropis. Tumbuhan di wilayah ini mencakup meranti, kayu jati, kayu cendana, dan karet.  Fauna di wilayah ini  mencakup harimau, gajah, dan orangutan.
  4.      Asia Barat dan Asia Tengah
               Di wilayah Asia Barat   dan Asia Tengah   umumnya kering, kecuali di wilayah sekitar Mediterania. Tumbuhan di wilayah ini anatara lain  haloxylon, pinus aleppo, cistus, dan pohon mastik. Fauna di wilayah ini antara lain unta, gazel, kucing pasir, dan jakal.

2. Flora dan Fauna di Benua Afrika
           Berikut ini adalah flora dan fauna di Benua Afrika
1.       Tipe flora hutan hujan tropis didominasi oleh lumut, tumbuhan paku, tumbuhan semak, dan tumbuhan yang berdaun lebat, berkayu, berdaun lebar, serta selalu menghijau. Tipe Flora seperti itu ditemukan di wilayah bagian tengan dan barat Afrika.
          2.      Tipe flora hutan stepa dan savana didominasi oleh rumput, semak belukar, dan tumbuhan berbatang lunak. Wilayah ini banyak terdapat di Afrika bagian utara dan selatan.
          3.      Ada dua tipe fauna. Tipe fauna wilayah utara dan baraat laut mencakup wilayah sahara serta tipe fauna wilayah Ethiopia yang mencakup wilayah sub-Sahara. Karakteristik fauna di kedua wilayah tersebut mempunyai karakteristik yang sama dengan di wilayah Eurasia.

3. Flora dan Fauna di Benua Amerika
      Flora dan fauna di Benua Amerika beragam. Berikut pembahasan mengenai flora dan fauna di Benua Amerika.
1.      Di Kanada, pantai barat Amerika Serikat serta Argentina bagian selatan banyak terdapat hutan berdaun jarum.
2.      Di Amerika Selatan, terdapat hutan hujan tropis, antara lain di Pegunungan Oksidental di Meksiko, Ledon Amazon, Guyana, dan Kolombia.
3.      Di Amerika bagian utara dan selatan terdapat sabana, terutama di Dataran Tinggi Guyana, Brasil, dan Ledok Orinoko. Di Amerika Utara, membentang di bagian tengah, terdapat juga padang rumput atau prairi.
4.      Tumbuhan gurun dan semi gurun terdapat di daerah bayangan hujan, misalnya plato antara pegunungan Rocky dan Sierra Nevada serta Gurun Basin, Mojave, Sonora, dan Chihuahua di Meksiko.
5.      Jenis tumbuhan lumut dan rumput kecil terdapat di bagian paling utara dan selatan Benua Amerika.
6.      Fauna di Benua Amerika cukup bervariasi di antaranya beruang kutub, karibu, anjing laut, dan berang-berang di kawasan kutub. Beruang hitam, rusa, serigala dan rubah banyak ditemui di daerah padang rumput. Macan gunung (mountain lion) ditemukan di kawasan pegunungan.


4. Flora dan Fauna di Benua Eropa
               Berikut pembahasan flora dan fauna di Benua Eropa.
1.      Di sebelah utara terutama yang beriklim dingin, tumbuh tundra dengan berbagai jenis lumut dan rumput pendek. Di wilayah ini banyak ditemui rusa kutub dan serigala.
2.      Di Eropa Tengah, dapat ditemui pohon ek, pinus, dan cemara. Adapun fauna di wilayah ini anara lain rusa, berang-berang, rubah dan burung elang.
3.      Di Eropa Selatan terdapat tumbuhan berdaun jarum seperti cemara. Di wilayah ini, hidup beberapa jenis fauna, antara lain rubah dan puffin.
4.      Hutan campuran yang merupakan hutan gugur daun terdapat di lereng-lereng pegunungan di sekitar Laut Tengah serta Eropa bagian barat dan tengah.

5.    Flora dan Fauna di Benua Australia
            Berikut pembahasan flora dan fauna di Benua Australia.
1.    Wilayah pertanian dan peternakan terdapat di daerah padang rumput. Hasil terpenting adalah gandum, barley, jagun, dan shorgum. Anggur dan apel banyak dihasilkan di daerah selatan, sedangkan tebu dihasilkan di Queensland.
2.    Wol dihasilkan di New South Wales dan diekspor ke Jepang, Amerika, dan Inggris. Peternakan sapi terdapat di Queensland, Victoria dan negara Selandia Baru.
3.    Australia dan Selandia Baru merupakan pengekspor susu dan daging sapi ke berbagai negara, termasuk Indonesia.


Sumber :

Hafid, Mamat. 1999. Kamus Geografi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Suparno,S & Tamtomo, T.D. Haryo. 2018. IPS Ilmu Pengetahuan Sosisal. Jakarta. Erlangga
Abdi Guru, Tim.2006. IPS Terpadu. Jakarta. Erlangga




Komentar

  1. Terimaksih bnyak kk, saya dari tdi nyari, dan yg ini sesuai 🙏😁

    BalasHapus
  2. Infonya sudah bagus, tetapi kurang lengkap, ga dikasih tau nama flora/faunanya apa

    BalasHapus
  3. Kepanjangan kak aku jadi mls nulis😅😅😅

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping Cara Belajar yang Mengasyikkan

Iklim yang Terdapat di Benua-Benua di Dunia

Karakteristik Benua-Benua di Dunia