Iklim yang Terdapat di Benua-Benua di Dunia

1. Iklim yang ada di Benua Asia
       Tipe-tipe iklim terdapat di Benua Asia antara lain sebagai berikut.
       (a) Iklim darat, terdapat di sekitar Gurun Gobi.
       (b) Iklim mediterania, terdapat di Iran bagian utara, Pesisir Laut Tengah, Suriah, dan Israel.
       (c) Iklim subtropis, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Timur.
       (d) Iklim tropis/subtropis gurun, terdapat di sebagian besar wilayah Timur Tengah (Asia Barat).
       (e) Iklim tropis, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Tenggara.

2. Iklim yang ada di Benua Afrika
       Secara umum, Benua Afrika terkenal sebagai benua beriklim panas dengan ciri-ciri bersuhu tinggi dan bercurah hujan sangat sedikit. Namun, keadaan iklim Benua Afrika sebenarnya terdiri dari iklim gurun, mediterania, tropis sedang yang hangat, dan tropis basah.
(a)    Iklim gurun, memiliki kelembapan udara yang sangat rendah sehingga curah hujannya sangat  sedikit. Iklim gurun banyak terjadi di Afrika bagian utara dan selatan.
(b)   Iklim mediterania, bercirikan kering pada musim panas dan dingin pada musim hujan. Iklim mediteranian ini terdapat di daerah sekitar negara Afrika Selatan, Aljazair, dan Maroko.
(c)    Iklim sedang yang hangat, bercirikan hujan pada musim panas dan kering pada musim dingin. Iklim ini terdapat di Benua Afrika bagian tenggara. Iklim tropis memiliki ciri seperti iklim mediterania, tetapi keadaan udaranya tidak kering pada musim dingin. Iklim ini terdapat di Afrika bagian selatan.
(d)   Iklim tropis basah, memiliki suhu udara rata-rata yang tetap dengan kelembapan udara tinggi. Iklim tropis basah terdapat di sepanjang pantai barat bagian tengah seperti negara Uganda, Zaire, dan di sebagian wilayah negara Kenya.

3. Iklim yang ada di Benua Eropa
       Iklim di Benua Eropa dapat dibedakan menjadi lima jenis, yaitu iklim laut, kontinental, mediterania, tundra, dan kutub.
(a)    Iklim laut
Iklim laut terdapat di wilayah Eropa bagian barat laut. Iklim ini terjadi karena pengaruh angin yang berasal dari Samudra Atlantik. Ciri-ciri iklim laut ialah berudara tidak begitu panas (nyaman) pada musim panas, berudara sejuk dan lembap pada musim dingin, serta hujan turun sepanjang tahun.
(b)   Iklim kontinental
Iklim kontinental terdapat di wilayah Eropa bagian timur. Iklim kontinental ini terjadi karena wilayahnya merupakan daratan yang luas dan jauh dari pengaruh air laut. Ciri-ciri iklim kontinental ialah berudara sangat dingin pada musim dingin (bahkan bisa sampai titik beku) dan berudara sangat panas pada musim panas. Semakin ke arah timur, perbedaan suhu tahunan akan semakin tinggi, karena semakin jauh dari pengaruh laut.
(c)    Iklim mediterania
Iklim mediterania terdapat di wilayah Eropa bagian selatan. Karakteristik dari iklim mediterania ini ialah berudara basah dan sejuk pada musim dingin serta berudara kering pada musim panas.
(d)   Iklim tundra
Iklim tundra terdapat di wilayah Eropa bagian tengah. Iklim ini mempunyai ciri antara lain berudara sangat dingin dan bersalju pada musim dingin (terjadi agak lama). Hujan terjadi pada musim panas.
(e)    Iklim kutub
Iklim kutub terdapat di wilayah Eropa bagian utara (sekitar lingkaran Kutub Utara). Iklim ini mempunyai ciri udara yang sejuk dan basah pada musim panas dan udara yang sangat dingin pada musim dingin.

4. Iklim yang ada di Benua Amerika
       Keadaan iklim di Benua Amerika bervariasi. Bervariasinya iklim di Benua Amerika disebabkan oleh luasnya wilayah daratan Amerika yang memanjang dari daerah Kutub Utara sampai ke daerah Kutub Selatan. Iklim-iklim yang terjadi di Benua Amerika antara lain sebagai berikut.
(a)    Iklim kontinental (iklim darat)
Wilayah yang memiliki iklim kontinental atau iklim darat ialah wilayah Amerika Serikat bagian timur sampai ke perbatasan Kanada.
(b)   Iklim kering (iklim gurun)
Wilayah yang memiliki iklim kering atau iklim gurun ialah wilayah sebelah barat Amerika Serikat (Gurun Mojave) dan Pantai Cile di Amerika Selatan.
(c)    Iklim tropis basah
Wilayah yang memiliki iklim tropis basah ialah wilayah Amerika Tengah dan sebagian besar wilayah Amerika Selatan bagian utara.
(d)   Iklim stepa
Wilayah yang memiliki stepa ialah wilayah sebelah timur pegunungan Rocky sampai ke Kanada di Amerika Utara, serta Dataran Tinggi Brasil di Amerika Selatan.
(e)    Iklim dingin
Wilayah yang memiliki iklim dingin ialah wilayah bagian paling uatara (daerah kutub).

5. Iklim yang ada di Benua Australia
       Iklim di Benua Australia bagian utara berbeda dengan bagian selatannya. Wilayah Benua Australia bagian utara beriklim tropis sedangkan wilayah selatannya beriklim subtropis dan beriklim sedang. Adapun wilayah Benua Australia bagian barat dan pedalaman (terutama daerah gurun) beriklim sangat kering sehingga sering mengalami kekeringan. Wilayah sebelah utara dan timur Benua Australia beriklim basah karena tingkat curah hujan di wilayah ini tinggi. Selanjutnya, wilayah sebelah selatan Benua Australia lebih banyak dipengaruhi oleh laut sehingga wilayah ini beriklim laut.




Sumber :

Hafid, Mamat. 1999. Kamus Geografi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Suparno,S & Tamtomo, T.D. Haryo. 2018. IPS Ilmu Pengetahuan Sosisal. Jakarta. Erlangga
Abdi Guru, Tim.2006. IPS Terpadu. Jakarta. Erlangga

Komentar

  1. Permisi,di bagian iklim benua eropa apa saja wilayah yg terdapat d iklim tersebut?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping Cara Belajar yang Mengasyikkan

Karakteristik Benua-Benua di Dunia